Saturday | Oct 20, 2018

April 26, 2016

FINAL PROJECT BOOK DKV STD BALI "VISUAL IDEAS"


Perspektif dari sebuah karya seni diukur bagaimana seniman meilihat permasalahan yang diselesaikan melalui ide dan visula menjadi penyelesaiannya. Simbol simbol persanaan yang dituangkan melalui ide dan konsep merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari karya seni khususnya desain, karena pada hakekatnya konsep tidak akan berarti tanpa karya yang dimaknai. Sabar bahwa karya desain mahasiswa STD Bali harus diapresiasisebagai seni yang berkesinambungan, maka dibuatkanlah buku Visual Ideas ini sebagai media yang mewadahinya. Karya-karya desain yang tercipta dalam buku ini itdak dihasilkan melalui ide melainkan sudah proses atau metodelogi penciptaan seni yang akademisi.

Visual merupakan bentuk gambar yang digunakan untuk mengilustrasikan sesuatu. Sedangkan ideas berasal dari bahasa inggris yang berarti ide, atau gagasan yang menjadi awal mulanya tercipta suatu karya. Buku Visual Ideas merupakan bentuk perwujudan dari kekuatan kreativitas ide dan wujud pemecahan masalah dengan berpikir secara desain oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual STD Bali. Sebuah karya yang disosialisasikan ke masyarakat tanpa tindak lanjut apa-apa tidak akan menghasilkan aksi dari publik yang maksimal. Tidak dipungkiri desain komunikasi visual bertujuan untuk advertise yaitu bentuk pengusaan bagaimana cara membuat, mengiklankan dan mempromosikan produk dengan media-media tertentu baik jasa maupun barang. Pada akhirnya karya desain di dalam buku ini merupakan pengejawantahan soluasi yang ditawarkan oleh mahasiswa untuk kebutuhan desain komunikasi visual untuk masyarakat yang mampu memberikan pesan dan komunikasi kreatif estetis dalam dunia seni dan indutry.

Buku ini secara garis besar dobagi ke dalam 3 karya kreatif yaitu brand identity, promotion media social campaign media. Sebagai sebuah karya mahasiswa desain komunikasi visual, buku ini lebih banyak difinalisasi dengan teknik digital dan menggunakan konsep dari hasil berpikir dengan menggunakan metodologi desain. Buku “Visual Ideas” adalah “a creative ability and a innovative mind” dari anak-anak kreatif muda STD Bali yang berani mengekspresikan ide-ide orisinalitasnya melalui pesan-pesan karya desain yang indah dan berkonsep. Buku ini sangat layak dibaca bagi setiap seniman dan desainer yang percaya akan kekuatan imajinasi seniman pemula adalah sebuah kemampuan insan murni yang berproses dalam menghasilkan ide-ide karya seni yang kreatif aktfi inovatif.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT