Tuesday | Dec 11, 2018

November 13, 2018

Bersama PNM dan Jasindo, Dosen DKV STD Bali Dampingi Petani Kopi Kintamani, dalam Perancangan Desain Kemasan.


Kamis, 8 November 2018, Para mitra binaan PNM dan Jasindo yang berkecimpung dalam industri pertanian kopi, mendapatkan pendampingan dalam pembuatan kemasan kopi, yang memiliki tampilan yang menarik. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan nilai jual yang lebih tinggi, sehingga layak menjadi produk yang dijual di pasar modern dan menjadi produk ekspor. Seminar dan konsultasi dalam perancangan desain kemasan yang menarik, dilaksanakan oleh dosen prodi Desain Komunikasi Visual STD Bali, Bapak I Komang Angga Maha Putra, S.Ds., M.Sn., ACA, yang merupakan salah satu pengampu mata kuliah desain kemasan.

Seminar yang dilaksanakan di Hotel Madu Sari Kintamani tersebut, diikuti oleh para perwakilan kelompok petani kopi yang yang berasal dari berbagai desa di Kintamani. Seminar tersebut ditekankan pada pemilihan elemen-elemen desain, yang dapat membuat kemasan terlihat bagus dan berbeda dari kemasan yang lain, sekaligus mampu memberikan nilai tambah pada produk kopi khas Kintamani. Beberapa kelompok petani kopi sudah mampu menghasilkan merek produk, salah satunya adalah “Kopi Kintamani, Gunung Catur”.  Melalui kualitas kopi yang optimal, produk tersebut mampu diekspor secara ritel ke Taiwan dan Korea.

Melalui seminar ini, para perwakilan kelompok tani berharap, kemasan yang cantik dapat menarik perhatian konsumen, sekaligus meningkatkan potensi penjualan produk. Kepala cabang Jasindo Denpasar mengamini bahwa, materi sharing yang dibawakan, dikemas dengan ringan dan informatif, sehingga diharapkan dapat dipraktikan oleh para petani kopi melalui kerja sama dengan desainer kreatif muda Bali, dalam perancangan visual kemasannya.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University