Saturday | Jun 23, 2018

May 28, 2018

BUKA PUASA BERSAMA DENGAN SHARING SESSION: DIKEJAR BEASISWA


Salah satu momen yang hangat dan paling menyenangkan selama bulan Ramadhan adalah acara buka puasa bersama. Pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2018, keluarga besar STD Bali dan New Media Collegemengadakan acara buka puasa bersama yang dihadiri oleh para dosen dan perwakilan tiap UKM sertaanggota organisasi kemahasiswaan kampus. Acara ini diselenggarakan di Aula kampus New Media College.

Acara buka bersama ini bukan sembarang acara makan-makan dan bersilahturahmi belaka tapi diselingi dengan sharing session yang berjudul “Dikejar Beasiswa” oleh para dosen Sekolah Tinggi Desain Bali yang telah sukses mengecap manisnya beasiswa untuk menempuh pendidikan ke luar negeri. Kita sebagai generasi emas sangat beruntung karena ada begitu banyak lembaga yang menawarkan beasiswa dan informasinya bisa didpatkan dengan mudah melalui internet. Menjamurnya beasiswa, membuat kita bukan lagi mengejar namun dikejar.

Sharing session yang pertama dibawakan oleh Ms. Vera selaku wakil ketua STD Bali. Beliau membagikan bagaimana pengalamannya  mendapatkan Korean Government Scholarship (GKS). Dengan semangat beliau menjelaskan prosedur, benefit, kualifikasi sampai dengan suasana kehidupannya selama berada di negri gingseng serta tips-tips yang akan bermanfaat bagi yang ingin mengikuti jejaknya.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Bapak Acwin Dwijendra, yang pernah menerima beasiswa di Belanda untuk program master (S2) dan beasiswa di Australia untuk program doktoral (S3). Selain membagi pengalaman, beliau banyak memberi motivasi. “Bermimpilah saat kita terbangun” begitu katanya. Karena ketika kita bermimpi saat terbangun kita bisa bekerja keras dan menjadikan mimpi kita menjadi nyata.

Adzan berkumandang pukul 16:10. Waktunya buka puasa! Takjil yang manis disambut dengan suka cita. Sambil menyantap takjil sharing session sesi ketiga dilanjutkan oleh Bapak Freddy Hendrawan yang saat ini sedang menempuh doktoral di negeri Kangguru ata keberhasilannya menerima beasiswa AAS . Beliaumemaparkan bagaimana cara memilih beasiswa dengan cerdas.

Untuk memilih beasiswa dengan cerdas kita harus tau apa visi misi dari penyedia beasiswa, selanjutnya pelajari pendanaan apa saja yang akan kita dapatkan, baca persyaratannya dengan baik dan buatlah daftar tanggal dan penutupan beasiswa. Serta siapkanlah portofolio terbaikmu!

Ditutup dengan sesi tanya jawab, acara buka bersama ini membuat kita jadi ingin dan mulai berfikir untuk mengambil beasiswa kan, tapi jangan hanya berfikir! Siapkan portofolio kalian mulai dari sekarang. Karena beasiswa adalah keberuntungan bagi kita, namun keberuntungan itu harus kita jemput dengan kerja keras.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT