Saturday | Jan 20, 2018

November 22, 2017

DKV STD Bali goes to KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) ke-12.


Rabu, 2 November 2017 mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Kampus Sekolah Tinggi Desain Bali mengikuti acara KMDGI ke-12 di UTC, Semarang. KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia) merupakan event rutin mahasiswa desain grafis terbesar se-Indonesia yang diadakan dua tahun sekali oleh jurusan DKV ini dihadiri sebanyak 55 delegasi seluruh Indonesia yang kali ini dituan rumahi oleh Kampus UNIKA Soegijapranata, Semarang.

Rangkaian acara KMDGI ke-12 dibuka secara resmi tepat pukul 10.00 WITA dengan pemotongan pita sebagai simbolisasi oleh Rektor 3 UNIKA Soegijapranata dan Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain UNIKA Soegijapranata. Dilanjutkan dengan arak-arakan Warak Ngendogdiiringi tarian tradiosional dari UKM Kembangtaru UNIKA Soegijapranata menuju stage dan beberapa penampilan dari mahasiswa UNIKA juga ikut memeriahkan serangkaian acara opening ceremony. Beberapa sambutan dari perwakilan Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang menggunakan Bahasa Jawa untuk menjunjung nilai kebudayaan Semarang, pada sambutan tersebut diharapkan KMDGI ke-12 ini mampu terus berlanjut menjadi wadah untuk terus berkarya dan berekspresi bagi anak muda di Indonesia.

Selain pameran karya oleh para delegasi, beberapa acara talkshow dan workshop juga ikut diadakan dan melibatkan 20 pembicara profesional . Para pembicara merupakan orang-orangyang bergerak dibidang kreatif yang paham mengenai entrepreneur dan creativepreneur yangmampu berkreatifitas serta menjadikannya sesuatu yang berbeda dan menjadi viral. Mahasiswa diajak untuk ikut terlibat berpikir kritis menanggapi berbagai hal yang terjadi dalam dunia desain masa kini.

Acara berlanjut hingga closing ceremony di hari Jumat, 4 November 2017 dimana acara telah diselenggarakan selama 3 hari berturut – turut. Penutupan KMDGI ke-12 ini diwarnai dengan berbagai penampilan pentas seni dari para delegasi. Berbagai kategori kampus yang masuk ke dalam berbagai nominasi pun juga ikut diumumkan yang kemudian dilanjutkan denganpenyerahan hadiah bagi para pemenang. Momen membanggakan ini turut serta melengkapi kegembiraan hari terakhir ini. Berdasarkan hasil forum, selanjutnya KMDGI ke-13 akan diadakan di Padang. Sampai bertemu lagi di Padang! 

(Pebri, Pinky)



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT