Wednesday | Sep 26, 2018

February 15, 2018

Mahasiswa dan Dosen STD Bali & New Media percantik dinding Youth Park dengan Mural Kreatif


Kreatifitas desain dosen dan mahasiswa STD Bali dan New Media College untuk kota Denpasar. Hal ini terwujud dalam proyek mural di kawasan Youth Park, Taman Kota Lumintang. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama STD Bali dengan Arsitek Tanpa Nama (ATN) yaitu sebuah komunitas arsitek di Bali serta Pemerintah Kota Denpasar.  Pengerjaan mural ini dimulai tanggal 14 Februari 2018, diresmikan oleh Walikota Denpasar, Rai Mantra. Dibimbing oleh 3 orang dosen STD Bali dan New Media College yaitu Kadek Angga Dwi Astina, S.Ds., ACA., Tjok Bagus Suryanatha, S.Sn dan I Wayan Yogik Adnyana Putra, S.T., M.T., mural ini melibatkan 16 orang mahasiswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Desain Grafis. Dengan mengangkat tema “Denpasar, Youth and Culture”, desain mural yang akan digambar di sini memiliki konsep kolaborasi yang di dalamnya syarat akan seni dan budaya.

Ketua STD Bali, Dr. Ngakan Ketut Acwin Dwijendra, S.T., M.T. menyampaikan bahwa keterlibatan dalam mural ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kontribusi nyata STD Bali dan New Media terhadap masyarakat khususnya Denpasar dalam membantu mewujudkan kemajuan Denpasar.  Sebagai satu-satunya sekolah tinggi desain di kawasan Indonesia timur, STD Bali dan New Media mengajukan konsep desain mural yang akan diaplikasikan dengan visualisasi berbagai aktifitas positif  anak muda kekinian namun tetap lekat dengan nuansa budaya. Mural ini diharapkan dapat berperan menjadikan Denpasar sebagai kota yang nyaman dan indah. Koordinator tim desainer, Kadek Angga Dwi Astina, S.Ds., ACA., menambahkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa STD Bali dan New Media dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu juga memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menuangkan kreatifitas dan mengaplikasikan ilmunya secara nyata serta memberikan manfaat langsung kepada masyarakat luas.

Bidang yang dimural ini berada di kawasan jogging track tepi sungai di Youth Park seluas 225 meter persegi. Posisinya yang berada di samping sungai dengan tinggi bidang 9 meter dan lebar 25 meter adalah tantangan tersendiri bagi para mahasiswa kreatif ini. Desain mural mengangkat tema budaya dan semangat anak muda. Proses pengerjaan mural dilakukan dengan pembuatan desain dalam bentuk digital terlebih dahulu. Setelah desain selesai langsung akan diaplikasikan ke media tembok. Ada beberapa langkah sebelum mulai menggambar di tembok, pertama membersihkan tembok dari lumut-lumut / tumbuhan liar, yang kedua melapisi tembok dengan cat sealer yang memiliki fungsi sebagai perekat antara tembok dengan cat warna dasar. Setelah selesai menggunakan cat sealer, dilanjutkan dengan mengoleskan cat warna dasar putih, lalu membuat sketsa gambar dengan menggunakan pensil arang & kapur. Selesai membuat sketsa dasar dilanjutkan dengan membuat outline dan dapat melakukan bagian pewarnaan yang disesuaikan pada desain mural.

Selain STD Bali dan New Media, kegiatan yang idenya berasal dari komunitas Arsitek Tanpa Nama ini juga di dukung oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Denpasar, Badan Kreatif Denpasar, Badan Pemuda Kreatif Denpasar, dan perusahaan cat PT Propan Raya. Untuk menyelesaikan mural ini hingga selesai dibutuhkan waktu hingga 2 minggu.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT