Tuesday | Dec 11, 2018

February 19, 2018

Seminar Metarasio


Sabtu, 3 Februari 2018. Mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual STD Bali angkatan 2014 mengadakan seminar umum dengan tajuk Metarasio. Seminar ini diselenggarakan di Aula New Media Collage. Seminar ini juga merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat dalam jurusan Desain Komunikasi Visual STD Bali. Dalam seminar ini terdapat empat orang pembicara yaitu Viona Marshelina, M. Samsul Hadi, Bari Wahyu Dimas, dan I Ketut Suwarta.  Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa Desain Komunikasi Visual dari berbagai angkatan.

Metarasio sendiri merupakan singkatan dari Metamorfosis Dalam Ranah Tradisional. Metarasio membahas bagaimana elemen-elemen dalam kearifan lokal dapat menyatu dengan perkembangan seni saat ini. Acara dimulai dari sambutan-sambutan dari Ketua Jurusan DKV STD Bali, lalu Ketua Acara Seminar Metarasio, dan sesi pertama dibawakan oleh Bari Wahyu Dimas yang mengangkat tema Penggunaan Warna Tridatu Pada Jersey Bali United, Viona Marshelina dengan tema Hak Kekayaan Intelektual dan Dampak Penyalahgunaan Terhadap Lukisan Ayam Jago, dilanjutkan oleh I Ketut Suwarta dengan tema Peran Unsur Bahasa Visual Dalam Gaya Bahasa Kartun Editorial Beluluk, dan yang terakhir dari Samsul Hadi dengan tema Lambang Swastika Dalam Sudut Padang Hindu dan Nazi.

Diadakan juga kuis bagi dua orang peserta yang telah menggunggah foto di Instagram mereka berkesempatan mendapatkan bingkisan. Acara ini diakhiri dengan foto bersama oleh para peserta, panitia, dosen, dan pembicara yang hadir.



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University