Monday | Nov 19, 2018

October 17, 2018

Sketcher dalam Event Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing BAPPENAS – WORLD BANK 2018


Sekolah Tinggi Desain Bali mendapat kesempatan untuk menjadi Sketcher dalam acara bergengsi internasional, Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing (HLM4 on CKS) di Inaya Putri Bali, Nusa Dua, Bali, Senin (15/10/2018), yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional bersama World Bank. Acara yang dihadiri oleh delegasi-delegasi dari mancanegara ini mengangkat tema “Local Innovation as Driver Global Development” dengan didukung oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Tim Koordinasi Nasional Kerja sama Selatan-Selatan, Islamic Development Bank (IsDB), Kerja sama Jerman, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan USAID. 

Sekolah Tinggi Desain Bali membawa 6 tim yang terdiri dari Ketua STD Bali, Miss Made Arini Hanindharputri, S.Sn., M.Sn, Wakil Ketua, Miss Vairagya Yogantari, S.Sn., MFA, Bapak Ramanda Dimas Surya Dinata, S.Sn., M.Sn., Bapak Tjok Bagus Suryanatha, S.Sn., Bapak I Kadek Angga Dwi Astina, S.Ds., ACA, Bapak Gede Lingga Ananta Kusuma Putera, S.Sn., M.Sn, Bapak Ngurah Adhi Santosa, S.Sn., M.Sn, Bapak I Gusti Ngurah Bagus Bayu Baruna Ariesta, S.Ds dan 4 orang mahasiswa yaitu Wanda Therra Nova, Natha Yuma, Chiika Amadea dan kakak Made Ariawan, S.Ds. Kemudian tim sketcher dibagi menjadi enam kelompok untuk mulai membuat graphic recording secara manual dengan tujuan untuk mencatat keseluruhan rangkuman per meeting. Waktu yang diberikan hanya satu setengah jam, tapi seluruh tim bisa menyelesaikan rangkuman dengan baik dan tepat waktu. 

Steffen Janus sebagai moderator High Level Meeting dan Senior Operation Officer World Bank mengatakan bahwa karya graphic recording dari STD Bali ini sangat memukau dan berhasil menggambarkan keseluruhan meeting dengan estetis walaupun dengan waktu yang sangat singkat. Beliau juga mengharapkan STD Bali agar terus menghasilkan desainer yang berkualitas dan dapat terus membuat karya yang menakjubkan. Selain itu, bapak Ir. Wisnu Utomo, M.Sc, selaku Direktur Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Internasional Kementerian PPN / BAPPENAS juga sangat berterima kasih dengan kerjasama yang solid dari tim sketcher STD Bali dan sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini lagi. 

Karya graphic recording dari STD Bali ini kemudian ditayangkan pada saat Gala Dinner baik dalam bentuk eksibisi dan pada saat pergelaran acara seni. 



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT