Monday | Nov 19, 2018

October 29, 2018

WORKSHOP CREARTOUR “Bangun Karakter dengan Sentuhan Tradisi” oleh UKM PERKAMEN


Salah satu aspek terpenting dalam sebuah komik adalah karakternya. Bagaimana visual sang karakter bisa benar-benar mencirikan sifat serta latar belakangnya, lalu menyatu dengan baik dalam cerita dan pesan tersebut sampai kepada para pembaca. Hal itulah yang diangkat oleh UKM Perkamen dalam workshopnya. Dengan mengangkat tema “Bangun Karakter dengan Sentuhan Tradisi”, Perkamen menghadirkan Ai Shuma dan Oryza Kathleen dari Comicotopia sebagai pembicara. 

Workshop ini telah diadakan pada hari Sabtu, tanggal 27 Oktober 2018. Ini merupakan salah satu bagian dari acara Creartour yang diadakan dalam rangka anniversary Perkamen yang ke-5. Bertempat di aula kampus New Media Collage, workshop dimulai pukul 09:30. Acara dibuka oleh MC dengan doa bersama lalu ada sambutan dari pembina UKM Perkamen yaitu Bapak Tjok Bagus Suryanatha, S.Sn. Setelah itu para pembicara memberikan penjelasan serta memaparkan contoh kepada para peserta bagaimana langkah untuk membangun karakter. Dimulai dari menentukan latar belakang karakter yang akan dibuat seperti peranan, jabatan, sifat, serta asal-usulnya. Lalu masuk pada tahap riset, tiap daerah tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini sangat penting untuk memastikan keakuratan dari gambar yang kita buat. Lalu tahap terakhir adalah memberikan bumbu-bumbu pemanis dengan memasukkan unsur ‘lebay’nya agar karakter yang dibuat terlihat lebih menarik.

Dalam prakteknya, para peserta ditugaskan untuk membuat karakter mereka masing-masing dengan latar belakang tradisi pilihan mereka. Semua peserta terlihat antusias dan fokus selama pengerjaannya. Selain itu peserta diberikan waktu untuk menjelaskan karya mereka yang sudah jadi. Lalu acara ditutup dengan penyerah serifikat kepada para pembicara dan tentunya tidak lupa dengan foto bersama. 



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT