Monday | Nov 20, 2017



Desain Komunikasi Visual


Perkembangan ilmu teknologi seni rupa dan desain di Indonesia sudah mulai berkembang pesat khususnya perkembangan creative industry. Beberapa industri sangat memerlukan tenaga profesional di bidang desain, tidak hanya industri jasa, promosi, sandang, pangan dan papan, tetapi dunia pendidikan juga sangat memerlukan sebagai tenaga pengajar. Tenaga profesional ini tidak hanya harus memiliki keahlian (skill) komputer dan ilustrasi tapi harus memiliki soft skill dan konsep yang menunjang eksekusi desain. Pengembangan skill yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peranan desain sebagai bidang ilmu, khususnya dalam bidang desain komunikasi visual.

Lahirnya Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali akan  menjawab tuntutan dunia kreatif industri dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional dalam bidang desain dengan  mengemban misi mengedepankan penguasaan aplikasi yang disesuaikan dengan standar kualitas industri. Dengan program studi unggulan (Desain Komunikasi Visual) DKV dengan Peminatan Keahlian di bidang desain graphis, digital animasi, broadcasting dan multimedia akan menjadi satu-satunya program studi desain terlengkap di Bali dan Nusa Tenggara.

PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Program Studi Desain Komunikasi Visual  ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan, kreativitas, keterampilan, dan sikap yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi visual sesuai dengan kebutuhan dunia industri grafis dan multimedia. Dengan harapan semua lulusan berkualitas bisa menyelesaikan studi tepat waktu dan semua terserap di dunia industri. Jurusan ini mengarahkan mahasiswa untuk dapat fokus ke dalam bidang desain komunikasi visual seperti desain grafis (periklanan), animasi, sinematografi, fotografi, dan bisnis multimedia. Mahasiswa akan diajarkan dengan teknologi canggih berbasis digital dengan pengembangan konsep yang kreatif dan bernilai jual tinggi, sehingga mahasiswa tidak hanya dapat bekerja di industri, namun juga bisa menjadi creativepreneur yang handal.
Ada banyak kegiatan, seperti: pameran desain, seminar, workshop, ramah tamah jurusan, guest lecture, student lecture, kunjungan, dan acara kreatif seperti penggabungan seni, desain dan musik.

 

Kompetensi dan keahlian yang bisa dipilih diantaranya :


1. DKV – Periklanan dan Kemasan
Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi seorang desainer profesional yang memiliki keahlian dan kreativitas dalam menciptakan karya desain grafis di berbagai media. Mahasiswa akan diajarkan proses berpikir kreatif sampai tahap produksi untuk berbagai media iklan, promosi, kampanye sosial baik cetak maupun online, berdasarkan kebutuhan klien.

Lapangan Kerja 
Desainer Grafis, desainer kemasan, desainer logo dan branding, Inhouse Designer, Penata Artistik, Tenaga kreatif pada  Advertising Agency, Media cetak, Event Organizer (EO) dan Public Relation. 

 

2. DKV - Animasi 
Konsentrasi ini mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi profesional animasi khususnya di bidang desain komunikasi visual yang menjawab kebutuhan desain yang memerlukan karya animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. 

Lapangan Pekerjaan
Animator 2 dimensi dan 3 dimensi, animator pada advertising agency, produser film animasi dan visual effect.

 

3. DKV - Sinematografi
Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi seorang sineas profesional yang mampu menghasilkan karya sinematografi berstandar tinggi seperti short movie maupun TV Commercial yang sesuai dengan standar industri untuk beriklan.

Lapangan Pekerjaan
Movie Director, Movie Cameramen, Video Editor, Motion Graphic Artist, Movie Producer, Visual Effect Designer 

 

4. DKV – Bisnis Multimedia 
Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan desainer yang memiliki strategi dan pemikiran desain yang tidak hanya ahli dalam praktek, namun juga kepada pemikiran kreatif dengan proses manajemen yang efektif. Mahasiswa akan diajak untuk memahami bisnis di bidang desain yang erat kaitannya dengan marketing, dan mendapatkan ilmu dalam desain, kreativitas, bisnis dan inovasi.

Lapangan Pekerjaan
Manajer desain, entrepreneur, ahli strategi di bidang desain, konsultan desain, manager desain untuk produk.

 

5. DKV - Fotografi
Konsentrasi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi seorang  desainer profesional yang memiliki kompetensi di bidang fotografi yang memiliki skill dalam dunia fotografi komersil. Makahasiswa akan diajarkan semua hal tentang dunia fotografi dan bagaimana menghasilkan karya yang kreatif, estetis dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Lapangan Pekerjaan
Fotografer, Konsultan desain dan fotografi, jurnalis foto, editor foto, dan pengajar

 

Kompetensi Lulusan

  1. Desain Grafis
  2. Periklanan
  3. Desain Kemasan dan Produk
  4. Videografi dan Sinema
  5. Animasi
  6. Kewirausahaan
  7. Manajemen Proyek dan bisnis
  8. Ilustrasi
  9. Fotografi

 

Tenaga Pengajar (Dosen)
Tenaga pengajar pada Program Studi Desain Komunikasi Visual STD Bali merupakan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan di bidang desain Komunikasi Visual seperti praktisi desain, fotografi, ilustrasi yang sering menangani permasalahan desain di masyarakat, dengan metode pengajaran yang fun dan kreatif.

 

  



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University
NIIT