Tuesday | Dec 11, 2018



Fashion Design / Desain Mode


Memasuki era digital perkembangan ilmu teknologi seni rupa dan desain di Indonesia berkembang sangat pesat khususnya perkembangan creative industry seakan menemukan titik cerah. Industri kreatif ini memiliki  banyak jenis, tak hanya berfokus pada kerajian tangan namun lebih luas merambah mulai dari arsitektur, periklanan, seni, desain, fashion, film, music, fotografi, gadget, software, games dan lainnya. Besarnya perhatian masyarakat akan sesuatu yang berbeda, unik dan menarik tentunya menjadi segmentasi tersendiri. Konsep industri kreatif sendiri merupakan sebuah usaha baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia sebagai faktor utama penggerak perekonomiannya. Sumber Daya manusia yang menyajikan produk-produk kreatif inilah yang akan membuka pasar persaingan produk yang inovatif dan dapat bersaing di kancah Nasional maupun Internasional.

Beberapa industri sangat memerlukan tenaga profesional di bidang desain, tidak hanya industri jasa, promosi, sandang, pangan dan papan. Tenaga profesional ini tidak hanya harus memiliki keahlian (skill) komputer dan ilustrasi tapi harus memiliki soft skill dan konsep yang menunjang eksekusi desain.

Lahirnya Program Studi Desain Mode (D4 Setara S1) Sekolah Tinggi Desain (STD) Bali dengan gelar S.Tr.Ds  akan mengakomodasi tuntutan dunia kreatif industri dalam rangka mempersiapkan tenaga profesional dalam bidang Desain Mode dengan mengemban misi mendukung dan mengembangkan dunia bisnis dan industri kreatif dengan mengedepankan pemutakhiran tekhnologi, manajemen yang professional serta keunggulan kreatif, estetis dan berpijak pada kearifan budaya Indonesia yang disesuaikan dengan standar kualitas industri baik tingkat nasional maupun internasional. Program studi Desain Mode yang memiliki konsentrasi Peminatan Keahlian di bidang Desain Mode dan Bisnis Fashion dengan kekuatan teknologi  digital  dan multimedia sebagai keunggulannya akan menjadi satu-satunya program studi desain Mode terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

 

PROGRAM STUDI DESAIN  MODE

Desain Mode Sekolah Tinggi Desain Bali adalah salah satu program studi desain mode yang memiliki keunggulan dalam bidang tekhnologi digital dan multimedia. Pada program studi ini nantinya tidak hanya mengajarkan pengetahuan tentang dunia fashion dari sisi praktek dan teori namun juga mengarahkan mahasiswa ke arah bisnis, teknologi dan enterpreunership yang akan menghasilkan produk maupun bisnis berkelas internasional untuk memajukan dunia mode dan mengangkat budaya Indonesia di ajang global.

Sebagaimana diketahui bahwa mode/ fashion merupakan salah satu industri yang penting dalam pengembangan Industri Kreatif di Indonesia. Potensinya sangat besar bukan saja untuk pasar dalam negeri , tapi juga pasar luar negeri.

Dengan misi mendukung dan mengembangkan dunia bisnis dan industri kreatif dengan mengedepankan pemutakhiran tekhnologi, manajemen yang professional serta keunggulan kreatif, estetis dan berpijak pada kearifan budaya Indonesia di bidang desain mode, Sekolah Tinggi Desain Bali akan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kecerdasan masyarakat, khususnya dalam mengenalkan pemahaman mengenai pentingnya kemampuan akademis dan praktikal untuk menghadapi tantangan di masa depan serta mencetak Sumber Daya Manusia yang tidak hanya kreatif namun juga professional dan memiliki kecerdasan inteletual.

Unit pendidikan vokasi (D4 Setara S1) Desain Mode di lingkungan Sekolah Tinggi Desain Bali dipersiapkan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi dalam bidang Desain Mode (Desain Fashion) dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri fashion di tingkat nasional regional maupun internasional. Hal tersebut didukung dengan prospek pertumbuhan industri fashion yang semakin baik dan permintaan pasar di dalam negeri maupun luar negeri yang terus meningkat serta meningkatnya konsumsi dunia akan produk-produk fashion sehingga peluang untuk memperluas pasar industri fashion di pasar dunia masih sangat besar dan peluang kerja lulusan desain mode sangat terbuka.

 

VISI PROGRAM STUDI DESAIN MODE

Visi program studi Desain Mode Sekolah Tinggi Desain Bali adalah  Menjadi Program Studi Desain Mode Yang Unggul  dan kompetitif dalam memajukan Bisnis dan Industri Kreatif tingkat nasional maupun internasional dengan mengangkat budaya lokal diajang global hingga tahun 2038.

 

MISI PROGRAM STUDI DESAIN MODE

  1. Menyajikan kurikulum Desain Mode yang sesuai dengan perkembangan industri kreatif  dan teknologi software di bidang Desain Mode yang sedang berkembang.
  2. Mewujudkan pendidikan Desain Mode dengan tetap mengacu pada nilai-nilai kearifan lokal Indonesia, dengan tetap memperhatikan standar internasional di bidang Desain Mode
  3. Menghasilkan lulusan Sarjana Desain Mode yang unggul dengan menitik beratkan pada pendidikan melaui pembelajaran yang kreatif dan mandiri, kemampuan dalam penelitian, pengabdian masyarakat dan penggunaan teknologi komputer sebagai pendukung dalam usaha percepatan pematangan kemampuan mahasiswa di bidang desain Mode 

4. Mewujudkan  lulusan Desain Mode yang kompetitif  melalui lulusan yang produktif, kreatif dan profesional dalam perancangan desain mode dan dapat menerapkan ilmunya secara langsung  untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara

5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan baik ketrampilan berkarya, penelitian maupun sikap mental keprofesian sebagai bekal dalam menghadapi tantangan profesi di masa depan (MEA, AFTA, dll ).

 

KOMPETENSI KEAHLIAN :

Jurusan Desain Mode tidak hanya mempelajari tentang merancang desain, trend dan gaya berpakaian tetapi juga belajar tentang ilmu bisnis dan kewirausahaan dengan muatan teknologi digital untuk membentuk lulusan yang kreatif dan professional yang mampu menghasilkan produk maupun bisnis yang berkelas intenasional serta siap bersaing di dunia kerja.

Jurusan ini  mempunyai beberapa fokus, diantaranya:

  1. Art & Fashion Design
  2. Fashion Bussines
  3. Fashion Digital

 

KOMPETENSI LULUSAN :

  1. Fashion Desainer (Perancang Mode)
  2. Enterpreuner (pengusaha)
  3. Fashion Stylist
  4. Fashion Jurnalis
  5. Fashion Bloger
  6. Fashion Pattern Maker
  7. Accessories Designer
  8. Visual Merchandiser
  9. Fashion Editor
  10. Fashion Ilustrator
  11. Produk & Brand Manajemen
  12. Butik Owner
  13. Textille Designer
  14. Lecture / Tenaga Pengajar
  15. Research & Development
  16. Buyer
  17. Marketing

 

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar pada Program Studi Desain Mode STD Bali merupakan tenaga profesional yang memiliki pengetahuan di bidang desain Mode seperti praktisi desain, Perancang mode, pengusaha mode, illustrasi, fotografi dan lain sebagainya yang sering menangani permasalahan desain di masyarakat, dengan metode pengajaran yang fun dan kreatif.

 

  



STD BALI BEKERJA SAMA DENGAN

Universiti Kebangsaan Malaysia
Universitas Budi Luhur
ISI Denpasar
Catholic University of Daegu
Hanbat National University
Sunchon National University
Sun Moon University
Jeonju University